Ringkasan Materi SKI 6 Sunan Giri


0
Categories : Ringkasan

Biografi dan Silsilah Sunan Giri

Sunan Giri adalah putra dari Maulana Ishaq. Sedangkan Maulana Ishaq adalah saudara laki-laki Sunan Maulana Malik Ibrahim. Maulana Ishaq dan Maulana Malik Ibrahim adalah putra dari Syaikh Jumadil Kubro (ulama terkenal di Samarkand, Persia, Asia Tengah). Ini artinya Sunan Giri adalah keponakan dari Sunan Maulana Malik Ibrahim.

Adapun ibunda dari Sunan Giri adalah Dewi Sekardadu. Seorang putri raja dari Kerajaan Blambangan yang sekarang bernama Banyuwangi. Raja Blambangan saat itu bernama Prabu Menak Sembuyu adik kandung Prabu Brawijaya Raja Kerajaan Majapahit.

Lahir pada tahun 1442 Masehi dan diberi nama Raden Paku. Beliau dibuang di samudera diketemukan oleh Nyai Ageng Pinatih. Selanjutnya diberi nama Jaka Samudra. Ketika menginjak usia remaja berguru kepada Sunan Ampel di Surabaya. Kemudian atas perintah Sunan Ampel melanjutkan berguru kepada Maulana Ishaq di Pasai bersama dengan putra Sunan Ampel yaitu Raden Makhdum Ibrahim.

Sunan Giri Memiliki Ilmu Laduni

Disebabkan oleh kecerdasannya dan dikaruniai ilmu laduni, oleh Maulana Ishaq diberi nama Raden Ainul Yaqin. Ilmu Laduni adalah ilmu yang diberikan langsung oleh Allah Swt, tanpa perantaraan manusia.

Setelah berguru di Pasai pulang ke Gresik kemudian melanjutkan dakwahnya ke nusantara sambil berdagang. Sehingga dijuluki pendiri pesantren di nusantara. Wilayah nusantara yang dijangkau Sunan Giri di antaranya : Madura, Lombok, Ternate, Tidore, dan Kalimantan.

Metode Dakwah Sunan Giri

Dakwah Sunan Giri yang pertama adalah dengan bergadang keliling nusantara. Selanjutnya beliau mendirikan pusat pendidikan Islam berupa Pesantren di Giri, Kebomas, Gresik. Pesantren beliau menjadi sangat maju bahkan sebagai pusat keilmuan dunia.

Karya Sunan Giri

Selanjutnya pesantren tersebut berkembang menjadi kerajaan yang bernama Giri Kedathon. Dalam dakwahnya beliau sering menggunakan pendekatan seni dan budaya. Di antara karya seni beliau yang terkenal adalah :

  1. Permainan anak-anak; jelungan, cublak-cublak suweng, jamuran.
  2. Gending jawa; asmarandhana dan pucung

 

Jasa-Jasa Sunan Giri

Adapun jasa-jasa Sunan Giri yang sangat populer adalah:

  1. Penyebar pesantren di nusantara
  2. Penasehat Kesultanan Demak
  3. Menjadi Hakim dalam kasus Syaikh Siti Jenar (Ulama yang menyebarkan ajaran Islam yang menyimpang).

Nilai Keteladanan Sunan Giri

  1. Tidak putus asa meskipun tidak diasuh orang tua sendiri
  2. Rajin menuntut ilmu dan taat pada guru
  3. Menjadi sumber rujukan ilmu
  4. Pemimpin yang adil dan pemberani
  5. Pandai bergaul, kreatif dalam seni dan budaya

Wafatnya Sunan Giri

Sunan Giri wafat pada tahun 1506, dimakamkan di Giri, Kebomas, Gresik, Jawa Timur.

4.1 9 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x